Cari artikel yang anda butuhkan

Minggu, 10 Maret 2019

Mengenal Huruf Jepang

Saya Khoerunisya Firdaus mahasiswa STBA YAPARI ABA Bandung jurusan bahasa jepang link website STBA

Sebelum kalian membaca artikel dibawah ini akan lebih bailk jika ada membaca terlebih dahulu tentang UU ITE link UU ITE


siapa sih yang tidak kenal dengan Negara Jepang yang terkenal dengan kedisiplinannya? nah sebelum kalian mengenal lebih jauh lagi tentang Jepang, tidak ada salahnya kalian juga belajar bahasanya. kali ini saya akan memperkenalkan terlebih dahulu huruf-huruf Jepang kepada kalian. 

Bahasa Jepang memiliki 3 (tiga) huruf, yaitu:
Huruf Hiragana 
Huruf Katakana 
Huruf Kanji 
Huruf Hiragana dan huruf Katakana dibuat oleh orang Jepang sendiri sedangkan huruf Kanji berasal dari Cina, kemudian mengalami perubahan cara baca dan cara penulisannya.

1. Huruf Hiragana
Huruf hiragana (kana: ひらがな kanji:平仮名)  pada masa lalu, huruf ini juga dikenal dengan onna de (女手) "tulisan wanita" karna pada zaman dahulu yang menggunakan huruf hiragana adalah kaum perempuan sedangkan kaum laki-laki menggunakan huruf katakana dan kanji, oleh sebab itu huruf hiragana terbentuk dari garis-garis atau coretan-coretan yang melengkung. 

Huruf hiragana memiliki 46 huruf yang apabila dimodifikasi atau ditambahkan tanda tertentu akan menghasilkan bunyi huruf yang berbeda. serta berbeda fungsinya dengan katakana. Berikut huruf hiragana: 



Huruf Hiragana mempunyai 3 fungsi dasar, yaitu:

  • Untuk menuliskan kata-kata asli bahasa Jepang (bukan serapan) 
  • Sebagai Okurigana (huruf hiragana yang ditulis langsung setelah huruf kanji, untuk menentukan cara baca pada waktu menulis menggunakan huruf kanji)
  • Sebagai Furigana ( huruf hiragana yang di pakai diatas atau disebelah huruf kanji, untuk menunjukan cara baca huruf kanji)



2. Huruf Katakana 
Huruf Katakana (片仮名) yaitu huruf Jepang yang digunakan untuk menuliskan kata kata serapan dan Bahasa Asing. Huruf katakana ada 46 huruf, tetapi huruf ヲ(wo) tidak dipakai maka ada 45 huruf katakana yang dipakai dalam kata-kata bahasa Jepang. Penulisan huruf katakana pada kata-kata yang berasal dari bahasa asing tidak ditulis menurut ucapan asli kata asing, tetapi sesuai dengan ucapan oleh penuturnya (orang Jepang). berikut huruf Katakana:

Berikut fungsi dari Huruf  Katakana:

  • Bahasa Serapan dan Bahasa Asing, misalnya: ice cream (dalam Bahasa Inggris) menjadi aisu kuriimu (dalam Bahasa Jepang)
  • Nama Orang Asing, misalnya: Mike Miller (dalam Bahasa Inggris) menjadi maiku miraa (dalam Bahasa Jepang)
  • Istilah atau terminology, misalnya: metapora (dalam Bahasa Inggris) menjadi metafeea (dalam Bahasa Jepang)
  • Bahasa slang atau Bahasa rahasia, misalnya kta lolve menjadi rabu, hotel menjadi hoteru dalam Bhasa Jepang. 
  • Nama hewan dan tumbuhan, misalnya: dog (dalam Bahasa Inggris) menjadi doggu (dalam Bahasa Jepang) 
  • Onomatope, misalnya bunyi anjing dilambangkan dengan kata wan wan dalam Bahasa Jepang. 
  • Bagian yang menunjukan dialek, misalnya dalam Bahasa Jepang kata dame berarti tidak boleh namun dalam dialek Osaka menjadi akan (ditulis dalam katakakana アカン) 



3. Huruf Kanji
Huruf kanji yaitu huruf yang berasal dari Cina. Jumlah huruf kanji sama dengan jumlah benda yang ada di dunia. Tahun 1900 Monbusho (departemen pendidikan Jepang) menetapkan 1200 huruf kanji yang harus dipelajari disekolah dasar. 16 November 1946 (dalam maklumat cabinet) ditetapkan Tooyoo Kanjihyou yang memuat 1850 kanji. Namun pada 1 Oktober 1981 ditetapkan Jouyou Kanjihyou berisi 1945 kanji (1850 Touyou + 95 kanji tambahan). berikut contoh huruf kanji: 


Satu huruf kanji dapat memiliki 2 arti atau lebih cara bacanya. cara baca Cina disebut ON, sedangkan cara baca orang Jepang disebut KUN. Asal mula kanji adalah dari piktograf atau gambar yang disederhanakan menjadi karakter atau huruf tulisan. Contohnya adalah kanji 川 (sungai) terbentuk dari 3 buah garis yang menggambarkan aliran air ditengahnya dan sungai. 



Referensi:

4 komentar:

  1. Waaahh banyak ya huruf-huruf bahasa jepang, pusing saya, hehehe

    BalasHapus
  2. Wah sangat bermanfaat qaqa!
    btw ini nida, saya tida ngerti kenapa unknown terus

    BalasHapus
  3. wow, menarik banget yaaa pembahasannya

    BalasHapus

Wisata Kuliner Sate Maranggi Di Plered

Wisata Kuliner Sate Maranggi Di Plered Wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta wajib untuk mencicipi Sate Maranggi yang sudah menja...